Safor Madianto Pimpin DPD ASPPI Jatim

No comment 176 views

safor2Surabaya (beritakota.net) – Musyawarah Daerah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Timur ke-2 memilih Saformadianto sebagai ketua ASPPI periode 2013-2017. Safor mendapatkan suara mayoritas dalam musda yang digelar di Hotel The Square, 12 November 2013.

Pemilihan diikuti oleh 32 anggota dari 48 anggota yang terdaftar sebagai anggota ASPPI yang berasal dari seluruh wilayah di Jatim seperti Madura, Jember, Malang, Sidoarjo, Surabaya dan lainnya. Saformadianto memimpin setelah mengalahkan koleganya Supomo dengan suara yang cukup telak yaitu 25 suara berbanding 7 suara. Safor menggantikan Gatot Harjoso yang sudah menyelesaikan masa kepengurusannya tahun ini. “Posisi saya memang sebagai ketua tapi organisasi ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari kawan-kawan,” kata Safor usai terpilih dalam musda, Selasa (13/11).

Dalam kepengurusannya nanti, pihaknya akan memfokuskan diri pada pengembangan dan promosi destinasi baru. Selama ini, tujuan wisata di Jatim yang dikenal cuma segelintir seperti Gunung Bromo, Batu maupun Malang. Padahal, tiap daerah memiliki kekhasan pariwisata yang berpotensi untuk dikembangkan. “Kita harus mampu mengembangkan destinasi-destinasi baru seperti di Pacitan bahkan Trenggalek,” ujarnya.

Dia juga akan membentuk pengurus cabang-cabang yang sebelumnya belum terbentuk. Supaya lebih mudah, pihaknya akan membentuk DPC dalam regional-regional tertentu seperti Malang Raya atau Madiun Raya. “Mari kita berjalan bersama-sama majukan pariwisata Jatim agar lebih terkenal,” ajaknya.

saforASPPI merupakan organisasi pariwisata nasional yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Anggotanya merupakan para pelaku pariwisata langsung seperti owner tour and travel, tour leader, guide, restauran, dan elemen lain yang mendukung perkembangan wisata nasional dan daerah. ASPPI memiliki kepengurusan daerah di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

Ketua Umum DPP ASPPI, Bahriansyah mengatakan meminta agar DPD ASPPI Jatim memperbanyak anggotanya dengan membuka cabang-cabang di daerah. Dengan ASPPI maka tiap anggotanya bisa membangun jaring-jaring dalam dunia wisata. Dia menegaskan organisasi ini menegaskan kekuatan kekeluargaan sehingga tiap anggota bukanlah musuh melainkan kawan. Bahkan dalam banyak kegiatan, para anggota ASPPI malah justru merogoh kocek sendiri agar banyak even pariwisata digelar. “Kelebihan kita adalah hubungan kekeluargaan yang sangat kuat. Ini harus dijaga apalagi semua ini berujung pada upaya kita mencari nafkah,” katanya. (rls/brt)
Keterangan foto: Ketua Umum DPP ASPPI Bahriyansah (kiri) mengukuhkan Saformadianto sebagai Ketua DPD ASPPI Jatim.