ASPPI Siap Sukseskan Tambora Menyapa Dunia 2015

No comment 159 views

tamboraREPUBLIKA.CO.ID, MATARAM — Ketua DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Nusa Tenggara Barat (NTB), JN Wirajagat menyatakan siap menyukseskan even pariwisata “Tambora Menyapa Dunia 2015”, dengan target kunjungan wisata hampir dua juta lebih.

“Anggota ASPPI siap mendukung pemerintah Provinsi NTB dalam mencapai target kunjungan wisata tersebut,” katanya usai penerimaan 104 ‘travel agent’ pariwisata se Indonesia dan beberapa perwakilan dari luar negeri dalam acara ‘Lombok Travel Mart 2014’ di Kantor Wali Kota Mataram, di Mataram, Sabtu.

Dia mengatakan, kedatangan 104 “travel agent” pariwisata ini merupakan salah satu upaya dalam promosi even “Tambora Menyapa Dunia 2015” yang merupakan peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa.

Karenanya salah satu tujuan para pemilik “travel agent” datang ke NTB, adalah mencari tahu dan mengenal lebih dekat dengan obyek-obyek wisata yang ada di NTB, termasuk Gunung Tambora.

“Kegiatan ‘Lombok Travel Mart 2014’ ini adalah satu upaya kita mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata yang efektif, karena merekalah yang nantinya akan mempromosikan apa yang dilihat dan didapat di NTB,” ungkapnya.

Dia berharap, para pelaku-pelaku pariwisata di NTB lainnya juga memiliki komitmen yang sama dalam upaya memajukan pariwisata di NTB, untuk mewujudkan peningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

Sebelumnya dalam sambutannya, Wirajagat mengatakan, sebanyak 104 ‘travel agent’ itu merupakan pemilik biro perjalanan pariwisata se-Indonesia dan 12 orang diantaranya merupakan perwakilan dari Malaysia, satu orang dari Belanda dan satu perwakilan dari Dubai.

“Kedatangan mereka ke Kota Mataram untuk turut menjadi duta pariwisata Kota Mataram dan NTB secara umum,” katanya.

Kota Mataram sebagai ibukota provinsi menjadi salah salah satu daerah tujuan wisata khususnya untuk wisata kuliner dan belanja.

Apalagi dengan akan diresmikannya Islamic Center (IC), revitalisasi Makam Loang Baloq dan Makam Bintaro di Ampenan, Kota Mataram ke depan memiliki wisata religi dan budaya sesuai dengan motonya, yakni Mataram yang maju, religius dan berbudaya.

Oleh karena itu, katanya, para pemilik “travel agent” yang tergabung dalam ASPPI siap mempromosikan pontensi pariwisata budaya, religi, kuliner dan belanja yang ada di Kota Mataram.