ASPPI Gelar Table Top JTTM 2014

No comment 143 views

jttm2014Banjarnegara – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Tengah bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo menggelar i perdana bertajuk Jawa Tengah Travel Mart (JTTM) 2014. Even tersebut digelar mulai hari Senin (28/4) hingga hari Rabu (30/4).

Agenda kunjunganny ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobos seperti Dataran Tinggi Dieng, Rafting Sungai Serayu dan Surya Yudha Park Banjarnegara serta Perkebunan Tambi. Kegiatan ini terselenggara berkat peran aktif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tingkat propivsi maupun kabupaten serta para pelaku wisata di seluruh Indonesia.

Humas ASPPI DPD Jateng, Eko Hari mengatakan, even perdana ini merupakan wujud eksistensi ASPPI dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di Jawa Tengah. “Ada 60 buyers yang datang dalam ajang ini. Sebagian besar dari mereka datang dari luar pulau Jawa. Ini momentum yang bagus untuk ajang promo ke luar Jawa”, kata Hari.

Mereka berasal dari Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, bengkulu, Banten, Bandung, Jakarta, Surabaya, Kalimanten Selatan, Kalimantan Timur, Makasar dan Lombok. Salah satu sesi yang menarik dalam even ini adalah Table Top yang mempertemukan buyers dan sellers untuk melakukan proses negosiasi dan dealing.

Table Top ini dilaksanakan di Golden Ball Room Surya Yudha Park, Selasa (29/4). 35 sellers dan 53 buyers berpartisipasi dalam table top JTTM 2014 ini. Partisipan aktif adalah para travel agen, hotel, restoran, tempat wisata, biro perjalanan, dinas pariwisata dan beberapa pelaku wisata.

Prosesi table top dibagi menjadi dua termin yakni round robin. Buyers melakukan negosiasi dengan dibatasi waktu, dan free dealing, buyers bebas mengunjungi meja sellers untuk melakukan negosiasi. Baik Buyers maupun sellers terlihat antusias dalam kegiatan table top ini.

Table Top ini menjadi salah satu wadah pertukaran informasi secara langsung antara buyers dan sellers sehingga menjadi kesempatan yang bagus untuk membangun jaringan yang lebih luas. Dia mengatakan, dua obyek wisata yang sangat menarik dikembangkan yakni Dataran Tinggi Dieng dan Dafting Sungai Serayu. “Rafting Sungai Serayu merupakan salah satu rafting terbaik di Indonesia,” ujarnya. Menurutnya, meskipun demikian perlu promosi, agar potensi wisata tersebut dikenal orang dari luar daerah. “ASPPI sangat mendukung dengan ikut mempromosikannya,” ujarnya.

Sales and Marketing Manager SYP, Purwanto menambahkan, mennjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi SYP.

“Kami bangga, dan semoga kesempatan ini menjadi salah satu ajang promosi pula untuk SYP,” ujarnya. SYP juga menjadi salah satu partisipan sebagai buyer di acara ini. Proses Table top dilaksanakan sekitar 2 jam dan dilanjutkan dengan makan malam yang kemudian diakhiri dengan pemaparan potensi wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Banjarnegara.