ASPPI Sumut Dipercaya Tangani 90 Komposer dari Austria

brt251421446-gifDPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Sumatera Utara (Sumut) dipercaya menangani perjalanan 90 komposer dari negara Austria ke Sumut pada Agustus 2014. Rencana itu berkaitan dengan rencana konser musik Batak yang akan dipimpin musisi asal Austria Hermann Delago.

Ketua DPD ASPPI Sumut Maruli Damanik, mengatakan, pimpinan rombongan Hermann Delago yang merupakan salah seorang komposer terkenal di Austria serta sebagai pecinta dan pelestari lagu Batak akan membawa grup orkestranya ke Sumut selama 10 hari.

Herman Delago yang sudah dinobatkan menjadi marga Manik tersebut, akan membuktikan kecintaan tersebut dengan mengumandangkan lagu lagu Batak ke penjuru dunia khususnya di negara Austria dimana ia berdomisili.

Dijelaskan Maruli, adapun tujuan utama dari perjalanan tersebut ialah untuk menginspirasi para musisi Batak terutama kawula muda agar tetap mencintai lagu-lagu Batak. Diharapkan mereka dapat berkreasi lebih untuk menciptakan nilai musik yang kreatif agar bisa masuk ke segala kalangan pendengar, baik nasional maupun internasional, dengan tidak meninggalkan akar (root) musiknya.
Tujuan lain, jelasnya, yakni memperkenalkan pariwisata tanah Batak, khususnya Danau Toba ke seluruh penjuru dunia khususnya negara Eropa. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menjalin kerjasama yang baik antara 2 negara, yakni Indonesia dan Austria.

Terkait dipercayanya ASPPI, Maruli Damanik selaku Ketua DPD ASPPI Sumut, mengaku senang dan bahagia karena asosiasi yang dipimpinnya dipercaya untuk menangani segala sesuatunya mulai dari pengaturan transportasi, akomodasi dan lain sebagainya.

Maruli menyatakan akan benar benar memanfaatkan moment baik tersebut untuk memperkenalkan kekayaan pariwisata sumatera utara ke negera Eropa, khususnya Austria.Dikatakannya, ASPPI DPD Sumut juga merencanakan menggelar hiburan di Medan dan Samosir selama mereka berkunjung ke Sumatera Utara. “Agar kita dapat melihat dan mendengarkan kehebatan sang komposer dunia Hermann Delago,” terang Maruli.

Herman Delago merupakan, bule pelestari lagu Batak yang mengawali kecintanaanya kepada lagu Batak ketika pertama sekali mendengar seseorang melagukan lirik batak Butet ketika sedang liburan di Bali.Sejak itu, dia terus mengasah kemampuannya, sehingga pada akhirnya mampu berkolaborasi dengan penyanyi penyanyi batak hebat lainnya seperti Viki Sianipar, Dewi Marpaung dan lain sebagainya. (tonggo simangunsong)