ASPPI dan Pemda Sumenep Kenalkan Wisata Lewat Suramadu Adventure Trip

sat11Sumenep, –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep memperkenalkan wisata lewat Suramadu Adventure Trip. Kegiatan itu dikemas oleh Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) bersama Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Timur.

Suramadu Adventure Trip dilakukan di Sumenep selama tiga hari, sejak tanggal 20 hingga 23 Oktober 2014. Rombongan tersebut diterima Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, M.Si di Pendopo Agung Kraton Sumenep.

Bupati mengaku bersyukur dengan kedatangan ASPPI bersama BPWS, dalam rangka pengenalan wisata.

“Tidak salah kalau datang ke Sumenep. Sebab banyak wisata yang patut diketahui dan bisa dikembangkan,” kata Bupati Sumenep, Senin (20/10) malam, di Pendopo Agung Kraton Sumenep.

Di Sumenep ini, lanjut Bupati, bagaikan miniatur Indonesia, karena memiliki 126 pulau. “Dari ratusan pulau-pulau itu memiliki potensi wisata yang beragam. Jadi, kami mempersilahkan kepada ASPPI untuk melihat-lihat wisata di Sumenep, khususnya wisata kesehatan di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek,” terangnya.

Sementara Ketua DPD ASPPI Jawa Timur, Saformadianto, mengungkapkan, nantinya peserta akan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Madura, seperti Pantai Camplong, Kabupaten Sampang, Pulau Giliyang, Lombang, dan Keraton Sumenep; serta Api Tak Kunjung Padam, di Kabupaten Pamekasan.

“Selain memperkenalkan potensi wisata di Madura, Suramadu Adventure Trip ini untuk memberikan edukasi ekonomi kreatif kepada masyarakat, agar lebih mengoptimalkan kekayaan alam dan kearifan budaya lokal,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan acara Suramadu Adventure Trip ini, potensi wisata di Madura bisa dikenal oleh pelaku wisata luar Madura, sehingga akan meningkatkan paket wisata ke Madura.

“Dengan banyaknya paket wisata itu, otomatis meningkatkan kunjungan wisatawan ke Madura, dan dipastikan akan meningkatkan pendapatan masyarakat Madura,”harapnya. ( Nita/Esha/Fer/Kus)