ASPPI Sumbar Gelar Minangkabau Travel Mart 2015

No comment 217 views

mtmPadang, (Antara) – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sumatera Barat, berencana menggelar Minangkabau Travel Mart (MTM) 2015 pada 11 – 14 Oktober 2015 di lima daerah wisata Sumbar, guna memperkenalkan potensi pariwisata kepada turis lokal dan mancanegara.

“Ke lima daerah itu adalah Kota Padang, Bukittinggi, Agam, Tanah Datar, dan Sawahlunto,” kata Ketua Pelaksana MTM, Rafles saat dikonfirmasi dari Padang, Rabu.

Pelaksanaan MTM ini dilatarbelakangi penurunan kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke Sumbar, khususnya Kota Bukittinggi sebagai kota wisata.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan seperti meningkatkan kualitas pengelolaan objek wisata dan mempromosikannya secara efektif dan efisien di dalam dan luar daerah.

“Melalui even MTM 2015 ini, kita berupaya memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata lokal pada masyarakat secara nasional dan internasional,” kata dia.

Hal ini penting dilakukan karena Sumbar memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik dan beragam, namun belum maksimal di segi pengelolaan, pemeliharaan dan pemanfaatannya.

Even MTM juga dimaksudkan untuk mendapatkan perhatian seluruh insan pariwisata di ranah Minang.

“Pariwisata Sumbar adalah salah satu penghasil devisa terbesar dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat jika pengelolaannya benar,” ujar dia.

Sementara salah seorang panitia MTM 2015, Widya mengatakan bentuk kegiatannya antara lain ‘table top’ sebagai pertemuan para perusahaan travel agen dan pengelola hotel se-Indonesia yang akan menawarkan destinasi wisata Sumbar dalam bentuk tour meliputi paket tiga hari dua malam, empat hari tiga malam dan lima hari empat malam.

Selain itu terdapat kegiatan ‘post tour’ dengan mengelilingi sejumlah daerah potensi wisata Sumbar terutama destinasi pulau seperti seperti wisata Pulau Mandeh, Pulau Pagang dan Pulau Pasumpahan. (*)