Hadapi MEA, ASPPI Jatim Promosi Wisata di Thailand

No comment 639 views

bkkMALANGTIMES – Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jatim, Saformadianto, terus berupaya maksimal memajukan potensi wisata Jawa Timur, di mata internasional. Terbukti, awal November lalu, Safor bersama pengurus ASPPI mengunjungi Thailand, untuk menjalin kerjasama dengan puluhan travel agent.

Menurutnya, kekayaan potensi wisata Jawa Timur harus dipromosikan seoptimal mungkin, mengingat akan diberlakukannya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Untuk itu, seluruh pelaku wisata harus beberbenah diri, dan berusaha sekreatif mungkin mempromosikan pariwisata agar dapat bersaing kuat dengan negara lain.

“Langsung gerak cepat, 4 – 6 Nopember lalu kami sudah ke Thailand dan membuka kerjasama dengan 46 travel agent, untuk mempromosikan wisata Jawa Timur,” ucap Safor kepada BATUTIMES.

Lebih detail, pria mantan jurnalis ini menjelaskan, bahwa sesungguhnya Jawa Timur memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan luar negeri, dan tetap memiliki peluang besar untuk menguasai pasar wisata di era MEA.

roadthaiBahkan, saat dirinya, bersama pengurus ASPPI Jatim berkunjung ke Thailand, mendapat respon positif dari travel agent negara gajah putih itu. Ia mengatakan, bahwa awalnya hanya 30 travel agent yang diundang, karena banyak yang tertarik dengan materi promosi wisata ASPPI Jatim, sehingga peserta yang hadir bertambah. ”

Kunjungan kami mendapat respon positif, bahkan diluar ekspektasi, peserta yang hadir bertambah, menjadi 46 travel agent, ini membuktikan, bahwa wisata Jawa Timur memiliki daya tarik luar biasa,” imbuh Safor.

Tidak puas sampai disitu, rencanya, awal Januari 2016, Safor akan kembali mempromosikan potensi wisata Jawa Timur di luar negeri.

“Januari, kami akan promo wisata Jawa Timur ke Malaysia,” ucapnya.

Safor mengajak kepada seluruh insan pariwisata untuk bersatu, mempersiapkan diri menghadapi MEA, dan berupaya maksimal, agar wisatawan domestik dan asing yaman saat berkunjung ke Jawa Timur.(*)