Perwakilan Negara Malaysia dan Thailand ikuti event ASPPI Jatim

sat2 Pamekasan, 19/5 – Bupati Pamekasan, Madura, Achmad Syafii mempromosikan sejumlah tempat wisata yang ada di daerahnya pada acara Suramadu Adventure Trip yang digelar oleh DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Timur, Rabu (18/5/2016) malam.

Acara yang ditempatkan di Pendopo Agung Ronggusukowati Pamekasan itu, dihadiri perwakilan dari 16 Provinsi di Indonesia dan dua perwakilan negara Malaysia dan Thailand.

16 Provinsi tersebut adalah, Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantam Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Jambi, DIY, Bengkulu dan Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Syafii mengucapkan selamat datang kepada para pelaku wisata, di Kabupaten Pamekasan.

“Selamat datang kepada DPD ASPPI Jawa Timur beserta rombongan. Saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kunjungan ini,” kata Syafii diiringi riuh tepuk tangan peserta ASPPI.

Mantan DPR RI itu menjelaskan, ada sejumlah objek wisata di Bumi Gerbang Salam, yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Selain wisata budaya karapan sapi dan kontes sapeh sono’. Juga ada wisata alam seperti, Pantai Talang Siring, Api Tak Kunjung Padam dan Pesisir Jumiang.

Di samping itu, ada wisata religi dan situs sejarah, di antaranya makam Batu Ampar di Kecamatan Proppo, makam Ronggosukowati di Kolpajung serta museum daerah.

Lebih lanjut dikatakan, Pamekasan juga mempunyai wisata kuliner, salah satunya di Jalan Niaga. Sedang tak kalah menariknya, adalah wisata kerajinan batik yang tersebar hampir di 13 kecamatan.

Meski demikian, orang nomor satu di Pamekasan itu mengakui bila pengembangan wisata di wilayahnya hingga kini belum maksimal.

“Saya menyadari bahwa belum banyak yang bisa kami lakukan untuk pembangunan pariwisata di Kabupaten Pamekasan. Walaupun beberapa perencanaan pembangunan objek-objek wisata telah kami rumuskan, di antaranya master plan objek wisata Pantai Talang Siring dan Api Tak Kunjung Padam. Tetapi keterbatasan anggaran menjadi alasan klasik yang harus kami hadapi,” imbuhnya.

Pada acara itu, Pemkab Pamekasan, menyuguhkan hiburan berupa tari tradisional untuk menyambut kedatangan DPD ASPPI Jatim dan rombongan. Seperti tari Songsong Senom dan tari Topeng Gethak.