Febby Dt.Bangso Kembali Pimpin Asppi DPD Sumbar Periode 2017-2021

sumbar2BUKITTINGGI – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatera Barat menggelar musyawarah daerah dalam rangka pemilihan dan pembentukan kembali kepengurusan untuk peridoe 2017-2021 yang dilangsungkan di hotel dymens, Kamis (12/1) dihadiri kepala dinas pariwisata pemuda olahraga kota Bukittinggi, Melfi Abra, ketua dan pengurus DPP Asppi yang diwakilkan wakil ketua I, Lia Nazif, dan sekertaris umum DPP Asppi, Eri, ketua DPD Asppi Sumbar periode 2012-2016, Febby Dt.Bangso, beserta pengurus dan anggota.

Dalam musda itu memilih ketua dan pengurus Asppi DPD Sumatera Barat periode 2017-2021, dengan menghadirkan 4 orang formatur termasuk ketua Asppi DPD Sumbar periode sebelumnya, ternyata ketiga orang formatur menarik diri sebagai ketua, sehingga hasil akhir pemilihan ketua, Febby Dt.Bangso terpilih kembali untuk memimpin Asppi DPD Sumatera Barat periode 2017-2021.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Abdi mengatakan kegiatan musda Asppi DPD Sumatera Barat ini merupakan salah satu media, wadah, tempat bagi Asppi melakukan evaluasi dari aktifitas organisasi yang sudah bergerak selama ini. Dan kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana membuat kegiatan Asppi kedepan lebih baik dari kepengurusan Asppi selanjutnya, masa depan dan maju mundur Asppi Sumatera Barat ada ditangan kita semuanya.

Sedangkan ketua Asppi DPD Sumatera Barat yang baru terpilih untuk periode 2017-2021, Febby Dt.Bangso menjelaskan, kita harus berjalan sesuai dengan kemampuan, Asppi suatu oraganisasi perorangan yang tergabung dari pelaku-pelaku pariwisata, seperti, airline, hotel, travel agent, institusi pendidikan pariwisata, pengamat, praktisi, pelaku, shoulvenirshop, journalist pariwisata, dan semuanya yang perduli terhadap pariwisata.

Di pariwisata tidak mengenal otonomi daerah, bagaimana nanti kedepannya kita mampu menjual pariwisata Sumatera Barat secara utuh, itu kita sudah buktikan dengan digelarnya Minangkabau Travel Mart (MTM) ke 1 dan ke 2, Pemerintah Daerah telah memberikan dukungan penuh, dan kegiatan MTM ke 3 tahun 2017 jauh hari kita pastikan tanggal dan bulannya, kegiatan MTM itu telah menjadi kalender ivent di Sumatera Barat.

Wakil Ketua I, DPP Asppi, Lia Nazif menjelaskan saat disela-sela musda, bahwa musda yang diadakan DPD Sumatera Barat mulai dari Musda I sampai kini berjalan dengan baik dan rapi, dengan harapan setelah terpilih ketua DPD Asppi periode 2017-2021 nantinya bisa menjaga situasi dari yang sebelumnya, siapapun ketuanya nanti yang terpilih DPP Asppi mendukungnya.

Lia Nazif selalu menghimbau kepada para anggota DPD tetap bersinergi dengan Pemerintah Daerah, bahkan kini Ia sudah membuka jaringan internasional dengan akan adanya kerjasama wisata Sumatera Barat dengan negara bagian di Amerika, Florida, artinya pariwisata yang akan dibawa kesana yaitu wisata budaya dan kesenian.

Kepala pariwisata pemuda olahraga kota Bukittinggi, Melfi Abra sebelum membuka Musda Asppi DPD Sumbar, memberikan apresiasi penyelenggaraan musda itu guna memilih kepengurusan periode 2017-2021, lanjutnya, kami mengharapkan bantuan data-data yang diminta dinas pariwisata mohon dipenuhi, seperti data kunjungan wisatawan di hotel untuk dipublikaskan, karena data-data itu dapat diketahui masyarakat, data-data kunjungan itu sudah melebihi kunjungan dari tahun sebelumnya, inipun baru 10 hotel dari 76 hotel/gousthouse di Bukittinggi yang memasukan data-datanya.

Data-data itu diminta oleh kementrian pariwisata RI berkaitan dengan pengembangan Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata Nasional (KSPPN), apabila data-data kunjungan itu masuk di propinsi Sumatera Barat dan ada pembenahan SDM nya, keuntungannya masuk KSPPN adalah nantinya ada program-program pariwisata yang bisa kita alihkan dari pusat ke Sumatera Barat dan khususnya kota Bukittinggi. pungkas Melfi Abra.