Jangan Lewatkan Lombok Travel Mart IV 2017

No comment 342 views

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebentar lagi punya hajatan besar. Dinas Pariwisata NTB bekerjasama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menggelar Lombok Travel Mart (LTM) IV yang akan dihadiri 250 buyers dari dalam dan luar negeri pada 24-26 Maret 2017 di Gili Air, Lombok NTB.

Kepala Dinas Pariwisata NTB,Lalu Fauzal mengatakan, acara akbar ini rencananya dilaksanakan di salah satu destinasi wisata unggulan di Lombok atau tepatnya di Hotel Ombak Paradise.
”Antusiasmenya sangat positif. Animo industri pelaku pariwisata luar dan dalam negeri untuk mengikuti acara ini terus meningkat. Untuk tahun 2017 ini melebihi target panitia dan dinas pariwisata yang awalnya hanya menargetkan 150 buyers, namun membludak menjadi 250 buyers,” ujar Lalu.

LOMBOK-740x480Menurut data panitia, pada LTM-LTM sebelumnya jumlah buyersnya sebagi berikut LTM I di tahun 2013 yang mempertemukan 104 buyer dengan 43 travel dan hotel di Lombok. Untuk LTM II di tahun 2014 dengan 200 buyer dengan 75 seller dan untuk LTM III dengan 200 buyer dengan 50 seller.
”Maka untuk tahun 2017 ini, buyers bertambah dan kami memprediksi nilai transaksi pariwisata sampai ratusan milyar untuk satu musim kunjungan,” ujar Lalu.

Ia memaparkan, sejak dibukanya Bandara Internasional Lombok, kunjungan wisatawan naik signifikan setiap tahunnya. Popularitas wisata pulau Lombok pun meningkat tajam, ini bisa dilihat dari pencarian tentang wisata Lombok yang meningkat di internet, serta berkembangnya travel agent.
”Nah, karena melihat perkembangan ini, maka ASPPI dan Dispar NTB menyelenggarakan LTM sejak tahun 2013 untuk mempertemukan travel agent diluar Lombok yang ingin mencari partner hotel dan travel di Lombok,” katanya.

Lalu mengatakan bahwa di tahun 2017 ini, NTB masih banyak agenda ciamik. Diantaranya adalah Festival Pesona Tambora 2017, ada agenda seminar dengan tema investasi mendorong pariwisata Pulau Sumbawa yang digelar 23 Maret di Jakarta dan sekaligus launching festival dengan pembicara utama Menpar Arief Yahya.
Lalu menambahkan kegiatan lain yang tidak kalah serunya ada 11 rangkaian event Tambora Challenges dengan lari 320 km yang merupakan lari tepanjang di Asia di ikuti pelari kelas dunia dan Tur de Lombok Mandalika yang juga masuk agenda tahun 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan mengikuti LTM IV akan mendapatkan banyak sisi positifnya. Ia menilai, nantinya di acara tersebut akan bertemu dengan ratusan buyer dan seller dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Selain itu bakal menghemat waktu, karena hanya berlangsung dalam tiga hari. ”Tentu saja akan hemat biaya promosi, karena akan terjadi deal dengan banyak buyer dan seller dalam satu tempat,” ujarnya.

Lebih lanjut Menpar Arief menambahkan, keuntungan mengikuti acara seperti ini nantinya akan mempererat jaringan bisnis dan meningkatkan potensi penjualan dengan ratusan buyer serta seller dari seluruh Indonesia dan mancanegara. ”Sudah terbukti pasti memberikan banyak manfaat, apalagi ini sudah digelar untuk keempat kalinya,” kata Menpar Arief Yahya.