Ridwan Kamil Hadiri Musda ASPPI Jabar

No comment 504 views

asppiAda pesan dari Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Ia memberikan semangatnya kepada seluruh pelaku dan insan pariwisata Jawa Barat untuk tetap berkomitmen dalam meningkatkan potensi wisata di tatar Sunda agar semakin bersinar di tingkat nasional.

Pesan itu disampaikan Emil – panggilkan akrab Ridwan Kamil – dalam agenda Musyawarah Daerah (Musda) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Barat di HotelGrand Pasundan, Kota Bandung, Minggu (9/4/2017).

Pariwisata Jabar harus juara. Untuk itu, Jawa Barat butuh langkah nyata dari para pelaku wisata. “Jadi kita bagi-bagi tugas. ASPPI menjaga pasar (pariwisata) agar tetap aman, sedangkan pemerintah menjaga regulasi dan menciptakan peluang,” ajak Emil.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Musda ASPPI DPD Jabar, Wawan Setiawan menyebutkan bahwa pemerintah – yang kala itu diwakili oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil – telah memberikan respon positif terkait program-program yang diusung oleh ASPPI. Hanya saja dalam tindakannya, ia melanjutkan, pemerintah dan ASPPI harus lebih saling bersinergi.

“Strategi ini harus dikolaborasikan lagi dengan programpemerintah. Sehingga nanti kita sounding-kan dengan program yang ada di ASPPI itu sendiri,” papar Wawan.

Peran utama dalam meningkatkan potensi wisata itu, kata Wawan, ada pada diri insan pariwisata itu sendiri. “Ada di tangan kita sendiri,” tegasnya. Hanya saja, kembali lagi, yang harus digalakan sekarang adalah bagaimana caranya agar dunia kepariwisataan bisa membaik dengan bentuk-bentuk kolaborasi bersama berbagai pihak, seperti pemerintah.

Agenda Musda ASPPI DPD Jabar sendiri diselenggarakan dalam rangka menentukan pimpinan beserta jajaran baru. Selain itu, kegiatan itu juga jadi ruang bagi para pelaku pariwisata untuk merancang strategi pasar dalam upaya meningkatkan potensi wisata yang ada di Jawa Barat.