ASPPI Jatim Gelar Baksos di Bojonegoro

No comment 12 views

Momen Ramadan 1438 Hijriyah tahun ini kembali tak dilewatkan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia ( DPD ASPPI) Jawa Timur, untuk berbagi. Kumpulan pengusaha-pengusaha travel agents itu melakukan bakti sosial (Baksos) di Panti Asuhan Al Makka Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Senin (5/6/2017).

baksos4Dalam kegiatan sosial yang kedua kali di Bojonegoro ini, DPD ASPPI Jatim membagikan ratusan paket sembako, bingkisan lebaran, santunan, alat tulis dan buka puasa bersama dengan anak-anak panti asuhan.

Ketua DPD ASPPI Jatim, Saformadianto menjelaskan baksos ini sudah menjadi agenda rutian tiap tahun yang dilaksanakan pada Ramadan dan Hari Raya Natal. Tahun ini ASPPI mengusung simbol Ketupat Merah Putih, yang mana ketupat pertama kali dibuat oleh Sunan Kalijaga yang melambangkan kerumitan dan kesempurnaan manusia.

Sedangkan merah putih melambangkan ASPPI adalah cinta NKRI. Karena itu ASPPI peduli terhadap persoalan bangsa yang terjadi sekarang ini. Karena di dalam anggota ASPPI ini juga terdapat dari kalangan non muslim, namun mereka tetap bersatu dan peduli terhadap sesama.

“Dengan adanya kerumitan ini kami mencoba untuk berbagi dengan anak-anak panti untuk sedikit membantu meringankan kerumitan itu,” kata Safor bersama rombongan pengurus DPD ASPPI Jatim saat berada di Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Bojonegoro siang tadi.

baksos2Dipilihnya Bojonegoro sebagai lokasi baksos ini, lanjut Safor-sapaan akrab Saformadianto, selama 2016 – 2017 ini sudah ada 10 member baru dari pelaku wisata yang ada di Bojonegoro yang bergabung dengan ASPPI. Dengan adanya 10 member ini sangat berpeluang sekali untuk mendirikan dewan pimpinan cabang (DPC) APSSI Bojonegoro yang beranggotakan minimal 14 orang.

“Ini sekaligus survey untuk melihat kesiapan temen-teman di sini untuk membentuk DPC Bojonegoro. Karena di Jawa Timur hingga sekarang ini baru terbentuk DPC Malang Raya,” ujar pria asli Ngawi itu.

Pihaknya berharap dengan terbentuknya DPC ASPPI Bojonegoro ini nantinya dapat lebih intens mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah setempat. Karena sampai saat ini ASPPI telah terbentuk di 20 provinsi di Indonesia.

bakos asppi“Apalagi Bojonegoro memiliki potensi wisata yang menarik seperti Teksas Wonocolo yang bisa dijadikan wisata perbatasan, kemudian agrowosata belimbing, dan Negeri Atas Angin yang layak untuk dijual,” pungkas Safor.

Sebelum melakukan baksos, rombongan ASPPI Jatim melakukan kunjungan wisata sumur minyak tua peninggalan kolonial Belanda yang ditambang secara tradisional, yakni Teksas Wonocolo di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan. Kunjungan tersebut sekaligus untuk melakukan evaluasi keberadaan wisata Teksas Wonocolo.

Tags: