Optimalkan Potensi, Pelaku Usaha Pariwisata Bersih-bersih Pantai

mlg3Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPC Malang Raya menggelar kegiatan bakti sosial di Pantai Ungapan, Minggu (6/8). Tak kurang dari 100 anggota ASPPI yang notabene merupakan para pengusaha atau pelaku pariwisata, seperti penggiat usaha travel, transport, hotel, rumah makan, katering, oleh oleh wisata, guide dan praktisi pariwisata tersebut tampak bersemangat membersihkan sampah di seluruh area pasir pantai.

Selain bersih-bersih pantai, kegiatan bakti sosial ini juga disertai dengan kegiatan gathering keluarga dan fun games. Dengan kemasan seperti ini, juga turut memberikan pendidikan lebih dini untuk anggota keluarga yang ikut kegiatan bakti sosial. “Bakti sosial ini juga mengajak anggota keluarga masing-masing, anak-anaknya pun juga ikut.

Jadi sekaligus memberikan pendidikan lebih dini kepada anak-anak untuk lebih peduli terhadap lingkungannya, terlebih aset wisata kita ini sangat potensial dan wajib kita jaga kebersihannya,” jelas Reno Widodo, Ketua ASPPI Malang Raya kepada Malang Post Diketahui bersama, Malang Raya merupakan salah satu jujugan wisatawan dari lokal dan mancanegara. Hal inilah yang menyebabkan ASPPI merasa harus membuat agenda bakti sosial ini secara rutin di tempat tempat wisata di Malang Raya.

mlg6Pada kesempatan tersebut, ASPPI memberikan beberapa sarana untuk menunjang kenyamanan di Pantai Ungapan tersebut seperti bak sampah, alat kebersihan dan tanda tanda atau rambu untuk wisatawan yang nantinya berkunjung.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dimiliki oleh ASPPI dan bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Malang Raya. Harapannya masyarakat dapat lebih peduli lagi terhadap lingkungan di sekitarnya. “Paling tidak kegiatan semacam ini juga diharapkan dapat me-reminding masyarakat bahwa kita harus peduli terhadap lingkungan. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang utama yang wajib kita jaga bersama,” ujar Reno