Kabupaten Garut jadi pilihan lokasi Halal Bihalal 1438H ASPPI DPD JABAR.

_MG_8952

Melalui tema Bhineka Tunggal Ika, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia DPD Jawa Barat yang merupakan wadah bagi berbagai pelaku pariwisata seperti travel, hotel, restoran, guide, tour leader, event organizer dan pelaku pariwisata lainnya, kembali mengelar acara halal bihalal bagi pelaku dan insan pariwisata di Indonesia, acara ini merupakan kegiatan tahunan dan menjadi halal bi halal yang ke 9 yang diselenggarakan oleh ASPPI DPD Jawa Barat setelah sebelumnya dilaksanakan di setiap kabupaten kota yang ada di wilayah Jawa Barat. Di mana acara ini sebagai sarana untuk saling berbagi kebahagiaan di bulan syawal yang suci yang di sertai dengan suguhan ceramah dan nasehat penceremahan , dan juga sebagai sarana informasi dan komunikasi dengan mempererat silaturahmi (persaudaraan) di antara pelaku pariwisata .

Sebagai salah satu agenda nasional yang diputuskan dalam rakernas ASPPI, kegiatan halal bi halal merupakan salah satu icon kegiatan ASPPI DPD Jawa Barat yang tahun ini penyelenggaraannya dilaksanakan di Kamojang green Resort & Hotel Kabupaten Garut. Salah satu alasan menjadikan Garut sebagai tempat acara adalah karena kabupaten Garut merupakan daerah yang sangat potensial sebagai destinasi pariwisata, namun masih membutuhkan promosi dan pengembangan dan penataan infrastruktur untuk lebih bisa mendatangkan wisatawan ke Kota Garut.

Dengan tujuan untuk menjalin tali sillaturahmi dan kebersamaan diantara pelaku pariwisata dalam wadah ASPPI baik dari jawa barat dan luar jawa barat, para pegiat dan insan pariwisata, organisasi kepariwisataan serta para pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata. juga untuk mengembangkan jaringan dan mempromosikan destinasi wisata daerah yang ada di Kota Garut agar lebih di kenal baik bagi wisatawan lokal maupun manca negara.

Kegiatan Halal bi Halal diisi dengan berbagai kegiatan seperti kunjungan wisata ke situ cangkuang, dialog dengan Bupati Garut, hiburan dan atraksi kesenian daerah, penilaian busana daerah terbaik serta presentasi serta pengundian door prize dari para sponsor.

Dalam laporannya ketua penyelenggara kegiatan Halal bi halal ASPPI Sawara Ginanjar ( Gin Gin ) menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada berbagai pihak baik pemerintah Daerah, para sponsor yang di supoort lebih dari 62 perusahaan dari jawa , bali dan lombok yang menunjang kegiatan wisata , dan juga peserta yang di ikuti lebih dari 150 peserta , unsur pimpinan dan perwakilan ASPPI dari luar Jawa Barat , atas kesuksesan penyelenggaraan kegiatan HBH ASPPI pada tahun 2017 ini.

Pengembangan pariwisata di Indonesia khususnya Jawa Barat memang bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, tapi merupakan tanggung jawab dari berbagai stakeholder, baik industri dan pengusaha yang bergerak di bidang pariwisata, organisasi – organisasi kepariwisataan maupun masyarakat yang berada di lingkungan tempat wisata.

Kesadaran akan pentingnya partisipasi aktif dalam pembangunan pariwisata akan mempercepat pariwisata Indonesia khususnya Jawa Barat menjadi daerah kunjungan wisata yang menjadi destinasi favorit.