Sambutan Ketua DPP

Sambutan Ketua Umum ASPPI untuk WEB ASPPI.or.id
Assalamaualaikum wr wb, Salam Sejahtera bagi kita semua.

Saudara saudara sekalian para Pelaku Pariwisata yang saya hormati,

Alhamdulillah Munas III ASPPI telah berjalan dengan baik dan telah ditetapkannya kepengurusan DPP ASPPI periode 2016 – 2020. Dalam Munas tersebut juga telah ditetapkan hal hal yang penting yang menyangkut kebijakan organisasi pada 4 tahun mendatang.

bangjoePuji Syukur dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pengurus ASPPI periode tahun 2012-2016 yang dipimpin oleh Sdr “Riyan Momod Bahriyansah” atas segala jerih payahnya menjadikan ASPPI menjadi besar dengan memiliki  keanggotaan aktif  kurang lebih 7000 anggota yang tersebar di seluruh DPD dan DPC diseluruh Indonesia

Sahabat Tourism Soldier yang kami banggakan,
Pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek. Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB, (baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi), dapat membuka peluang usaha jasa pariwisata (baik langsung maupun tidak langsung), dan membuka peluang kerja yang sangat banyak.
Oleh karena itu, pemerintah menetapkan pariwisata menjadi salah satu dari lima sektor unggulan dan memberikan anggaran belanja yang naik cukup signifikan untuk tercapainya target utama pembangunan kepariwisataan Indonesia.

ASPPI sebagai Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia yang merupakan wadah berkumpulnya individu  pelaku pariwisata di Indonesia baik dari bidang Biro Perjalanan, Hotel, Transport, Penerbangan, Restorant, Pramuwisata dll,  sudah saatnya menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia Pariwisata Indonesia dan menjadi contoh dalam memberikan pelayanan yang profesional dalam memberikan kepuasan bagi wisatawan.

Pelatihan, kursus, Seminar dan segala hal yang bersifat pengembangan kemampuan diri, menjadi sekala prioritas ASPPI saat ini. Setiap DPD diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan institusi  pendidikan kepariwisataan atau yang institusi terkait lainnya. Semua ini ditujukan dalam rangka menjadikan anggota ASPPI merupakan individu yang profesional, berkompeten dan memiliki dedikasi yang tinggi dibidang kepariwistaan.

Mengikuti uji kompentensi yang tengah digalakkan pemerintah saat ini, hendaknya menjadi keharusan bagi setiap anggota ASPPI untuk dapat mengikutinya. Dengan memiliki sertifikasi kepariwisataan, diharapkan anggota ASPPI telah benar benar siap menerima tantangan sistem perdagangan bebas yang telah ditetapkan oleh Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Sahabat Tourism Soldier,
Tetaplah bersama dalam kekeluargaan yang kukuh, saling bahu membahu, saling asah, asih asuh, berpegangan tangan erat serta menjaga persaudaraan yang kuat untuk menciptakan hubungan yang baik sesama pelaku pariwisata, sebagaimana budaya yang telah ditanamkan oleh pada para pendiri ASPPI bahwa  “anggota ASPPI itu bersaudara”

Demikianlah sambutan saya ini,

wabillahi taufik wal hidayah wassalamu alaikum wr wb

Salam Pariwisata

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pelalku Pariwisata Indonesia
Djohari Somad