Sekilas ASPPI

Diawali pada tahun 1992, ketika dunia penerbangan memiliki fasilitas system reservation online yang dimiliki oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia yaitu Automatic Reservation Garuda ( ARGA).

Dengan terpasangnya CRS ARGA di masing masing tempat aktifitas para user yang tersebar di beberapa daerah, dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi maupun untuk sekedar bertegur sapa oleh para user.

Intensitas yang terjalin dan Kesamaan kepentingan juga profesi, para front liner atau user ini yang akhirnya berkeinginan untuk saling bertemu secara langsung.

Kelompok ini berkembang cukup pesat, karena melalui pertemuan tersebut, tidak jarang anggota kelompok ini mendapatkan solusi solusi dan informasi baru yang sangat membantu dalam meringankan pekerjaan di kantor masing masing, bahkan dalam pertemuan dihadiri oleh bermacam macam praktisi dari BIRO PERJALANAN serta AIRLINES sehinga dapat saling bertukar product.

Periode berikutnya beberapa rekan yang suka berorganisasi mencoba mengadakan event event dan dengan menyebutkan diri TRASS kepanjangan TRAVEL AGENTS STAFFS, baik event dalam kota maupun event WEEKEND bareng.

Pada saat krisis moneter melanda Indonesia, berangsur angsur mengalami kevakuman dan pada awal tahun 2007, para motor TRASS berinisiatif untuk menyambung kembali melalui fasilitas mailist YAHOO http://groups.yahoo.com/group/trass/.

Perlahan dan pasti ternyata komunikasi para members ini di sambut positif dari berbagai pihak, dan hanya dalam 1 tahun mailist ini dapat menjaring anggota seluruh INDONESIA sebanyak 500 members mailist. Karena mailist di moderatorin, sedikit demi sedikit tata cara dan lalu lintas email pada Yahoo Mailist dibenahi.

Pada akhirnya sesuai kesepakatan melalui pertemuan anggota disepakati perubahan nama dari TRASS menjadi ASPPI (Asosiasi Pekerja Pariwisata Indonesia), serta melalui voting dari kontribusi members dipilih pula logo ASPPI

Dan Setalah MUNAS ke-1 (1-3 Aug 08) di Cisarua Bogor ASPPI berubah menjadi Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia yang bermakna perkumpulan para profesional pariwisata Indonesia, dalam event MUNAS ini pula disyahkan AD ART serta mimilih secara aklamasi Ketua Umumnya. Munas ke -1 ASPPI dihadiri seluruh Dewan Pimpinan Daerah yang sudah terbentuk (14 DPD).