BANJARMASIN – Ingin bersantai sambil rekreasi menikmati Kota Banjarmasin, sekarang ini telah beroperasi Bus Terbuka Bajajalanan Banjarmasin.

Bus wisata ini dikelola tiga asosiasi pariwisata, seperti ASITA, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kalsel dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel.

Kehadiran bus terbuka yang didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalsel ini, diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berekreasi meski di tengah pandemi covid-19 yang belum mereda.

Menurut Sekretaris Asosiasi Perusahaan Pariwisata Indonesia (ASITA) Kalsel, Hj Siti Aisyah, Selasa (6/10/2020), ini dilakukan untuk memperdayakan teman-teman guide yang belum ada tamu datang ke Kalsel.

“Secara langsung kita bisa membantu mereka untuk mendapatkan penghasilan walau nilainya sedikit. Di masa pandemi ini kami masih bisa menggerakkan wisata dengan bus terbuka seperti ini,” paparnya.

Dijelaskan dia, untuk keliling Kota Banjarmasin hanya menarik Rp 10.000 per orang dan dan tersebut dikeluarkan untuk biaya operasional.

“Kapasitas tempat duduk 15 orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ada pun rute dengan start Taman 0 Kilometer, Jalan Sudirman, RE Martadinata, MT Haryono, Pangeran Samudera, Sutoyo S, R Suprapto, A Yani, Gatot Subroto, P Hidayatullah, Adhiyaksa, Hasan Basri dan kembali ke 0 Kilometer,” paparnya.

Ditambahkan Aisyah, bisa beroperasinya bus terbuka, karena dukungan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kadispar Provinsi Kalsel, M Syarifuddin dan Ida selaku Kabid Destinasi Dispar Prov Kalsel,” paparnya.

Ditambahkan Aisyah, bus terbuka ini sudah beroperasi sejak 5 Oktober 2020 dan sudah ada yang order, baik satu keluarga, atau instansi untuk berekreasi menikmati suasana Kota Banjarmasin.

“Sebagai langkah awal, kita coba satu unit dulu. Sementara ini keliling Kota Banjarmasin dulu, ke depannya mungkin bisa ke Banjarbaru, Martapura hingga ke tempat wisata ke Kiram Park atau Tahura Sultan Adam,” paparnya.

Jadwal Bus Bajajalanan

Senin – Rabu dan Jum’at
– Pukul 15.00 Wita
– Pukul 16.30 Wita

Kamis: Group/Carter

Sabtu & Minggu
– Pukul 08.00 Wita
– Pukul 09.30 Wita
– Pukul 11.00 Wita
– Pukul 14.00 Wita
– Pukul 15.30 Wita
– Pukul 17.00 Wita

+ posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik disini unt chat
1
Hallo.! Ada yang bisa kami bantu?
Halo ASPPI menyapa
Halo.! Selamat datang di website ASPPI
Apakah ada yang bisa kami bantu.?