Digelar Lagi, Ini Hal Baru dari Jelajah Wisata Budaya 2 di Danau Toba

Digelar Lagi, Ini Hal Baru dari Jelajah Wisata Budaya 2 di Danau Toba

 Saat ini, dunia pariwisata begitu terpukul dengan merebaknya COVID-19 di berbagai negara. Meski begitu, upaya untuk pemulihan terus dilakukan oleh pemerintah dan berbagai stakeholdernya.

Termasuk para pelaku usaha wisata, yang omzetnya terus menurun. Di Danau Toba, wisatawan domestik dan mancanegara juga mengalami penurunan. Para pegiat usaha perjalanan wisata yang tergabung di dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata Sumatera Utara (ASPPI Sumut) menggelar even Jelajah Wisata Budaya (JWB) di Danau Toba pertengahan maret mendatang. Ini adalah kali kedua JWB digelar. Setelah JWB pertama yang sukses digelar tahun lalu.

1. Bakal digelar di kawasan Selatan Danau Toba

Digelar Lagi, Ini Hal Baru dari Jelajah Wisata Budaya 2 di Danau Toba

Ketua Panitia JWB II Erwin Lopolisa mengatakan, JWB II akan digelar pada 18-21 Maret. Lokasi yang dipilih adalah kawasan Selatan Danau Toba. Tepatnya di Kabupaten Toba .

Sejumlah destinasi akan didatangi. Mulai dari Museum TB Silalahi, The Kaldera Toba Nomadic Escape, Bukit Singgolom dan beberapa destinasi lainnya.

“Kita ingin memperkenalkan destinasi yang cukup baru ini kepada para buyer,” ungkap Erwin, Selasa (10/3).

2. Undang buyer dari berbagai negara

Digelar Lagi, Ini Hal Baru dari Jelajah Wisata Budaya 2 di Danau Toba

Panitia juga sudah mengundang buyer atau pelaku usaha wisata dari berbagai negara. Termasuk beberapa pelaku usaha di Indonesia. Sejauh ini yang sudah mengkonfirmasi untuk datang ke Danau Toba adalah pengusaha dari Malaysia, India dan Thailand.

“Bandara Silangit adalah salah satu pintu masuk yang berpotensi mendatangkan wisatawan. Jelajah Wisata Budaya memiliki konsep promosi wisata dengan mendatangkan langsung pelaku usaha yang berasal dari travel agent dari seluruh Indonesia dan mancanegara untuk menyaksikan secara langsung potensi dan keindahan wisata yang ada di Kabupaten Toba dan sekitarnya,” ungkapnya .

3. Tetap digelar di tengah merebaknya COVID-19

Sementara itu, Ketua DPD ASPPI Sumut Mercy Panggabean mengatakan pihaknya juga sempat khawatir JWB terkendala karena merebaknya COVID-19. Namun pihaknya tetap semangat untuk menggelar JWB II.

“Karena tekad yang kuat. Ini juga sudah setahun kita persiapkan. Buyer juga sangat semangat untuk ikut itu,” ungkap perempuan yang akrab disapa Echi itu.

Pemilihan sisi Selatan yang akan jadi daerah kunjungan mereka juga bukan tanpa alasan. Kabupaten Toba dianggap punya banyak potensi baru dari sisi bisnis pariwisata.

Namun mereka berharap, beberapa sarana dan prasarana di sana diperbaiki . Termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisatanya.

“Jadi kami akan mengadakan dialog dengan Pemkab dan stakeholder yang ada di sana . Jadi bisa bersinergi,” pungkasnya.


author
No Response

Leave a reply "Digelar Lagi, Ini Hal Baru dari Jelajah Wisata Budaya 2 di Danau Toba"