Pikiran Bawah Sadar Yang Sulit Dikendalikan

Sering kita mendengar istilah pikaran sadar dan tidak sadar atau lebih pasnya pikiran bawah sadar.

Apa itu pikiran sadar? Pikiran sadar adalah pikiran yang mampu kita kontrol karena punya kemampuan menganalisa serta menyimpulkan suatu hal yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan. Sementara pikiran bawah sadar lebih banyak bergerak diluar kendali.

Contoh, saat seseorang ingin kaya dan sukses, justru kenyataannya hal tersebut sulit dicapai, atau saat seseorang ingin berhenti merokok malah aktifitas merokok itu makin sulit distop. Kita mengenalnya dengan istilah kebiasaan.

Kebiasaan inilah yang pada akhirnya membentuk karakter seseorang. Contoh lain, saat seseorang ingin bangun pagi, berbagai cara dilakukan, seperti memasang alarm, minta dibangunkan orang lain, tidur lebih awal, tetapi tidak cukup ampuh untuk mengubah perilakunya tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari mana yang lebih dominan mengendalikan seorang manusia? Ternyata lebih banyak pikiran bawah sadar yang bekerja.

Pikiran bawah sadar tidak bisa dikendalikan, namun ia bisa diprogram. Setelah program terpasang maka ia akan bekerja secara otomastis.

Misalnya, suatu pagi saat bangun tidur dan hendak menuju kekamar mandi kaki Anda menabrak sebuah benda keras dan saat itu dalam hati Anda berkata "Duh sial benar, pagi-pagi sudah terantuk meja". Bisa jadi satu hari itu Anda mengalami kejadian yang tidak mengenakan.

Sekali lagi, pikiran bawah sadar itu tidak bisa dikendalikan tetapi ia bisa diprogram. Sadar atau tidak setiap hari kita memprogram pikiran bawah sadar, baik itu dari diri sendiri atau luar diri kita.

Bagaimana cara program pikiran bawah sadar?

Lanjut ke tulisan berikutnya ya...

(Muklihs Abdillah)

 

DEWAN PENGURUS DAERAH DKI JAKARTA

Graha Dian Pejaten Raya/Komp.Depdikbud
Jl.Rambutan No.2 Rt.4 Pejaten Barat Kec.Pasar Minggu-Jakarta Selatan (12510)