Fungsi Pikiran Bawah Sadar

Seperti yang disampaikan sebelumnya, sadar atau tidak kita sering memprogram pikiran bawah sadar kita hampir setiap hari.

Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami, suatu ketika saat berkendara dari tempat kerja ke rumah, tiba-tiba tersadar sudah sampai disatu wilayah namun tempat sebelumnya terasa belum di lalui, lalu Anda berkata "kok sudah sampai sini ya? Perasaan tadi masih disana".

Mengapa itu bisa terjadi? Saat kesadaran hilang sejenak namun tubuh masih bisa menjalankan fungsinya dengan baik itu karena aktifitas dari rumah ke kantor atau sebaliknya dilakukan berulang-ulang, sehingga pikiran bawah sadar kita sudah punya memori programnya, sehingga dalam kondisi tertentu fisik bisa bekerja secara otomatis.

Pikiran bawah sadar juga punya peran menjaga kelangsungan hidup kita, contoh saat orang berdiri di pinggir trotoar yang tingginya hanya 10cm dari badan jalan, kita akan merasa nyaman-nyaman saja. Namun apa yang terjadi ketika kita berdiri di pinggir atap gedung 10 lantai? Kebanyakan dari kita akan menjauh karena merasa itu berbahaya. Pikiran bawah sadar akan memberi signal dengan memacu adrenalin seperti jantung berdebar, tiba-tiba berkeringat dll.

Dalam sebuah kasus, ada seseorang yang sulit sekali menabung, saat memiliki uang dalam jumlah tertentu selalu saja habis, begitu berulang-ulang sampai ia sendiri bingung, kenapa uang nya selalu habis dengan semua pengeluaran itu masuk akal.

Setelah ditelusuri, saat masih kecil tanpa sadar pikirannya diprogram hanya untuk memiliki uang maksimal dalam jumlah tertentu saja.

Atau ada dari kita yang suka bilang, "Urat rezeki saya didapat harus dengan bekerja, bukan dari door prize atau undian". Dan terjadi, setiap acara yang mengadakan undian ia tidak pernah dapat.

Ada seseorang peserta kelas belajar yang mengalami hal ini, setelah memprogram ulang pikiran bawah sadarnya, sekarang setiap kali ada "door prize" ia selalu dapat.

Semakin kita yakin dengan apa yang kita program semakin mudah terealisasi dalam hidup.

Seperti tidak masuk akal ya? Tapi itulah yang terjadi, karena sebenarnya yang kita tahu hanya sedikit. Padahal kalau kita bisa mengoptimalkan fungsi kerja otak hasilnya akan sangat dahsyat luar biasa.

Bagaimana caranya? Nanti kita lanjutkan ya...

(Muklihs Abdillah)

 

DEWAN PENGURUS DAERAH DKI JAKARTA

Graha Dian Pejaten Raya/Komp.Depdikbud
Jl.Rambutan No.2 Rt.4 Pejaten Barat Kec.Pasar Minggu-Jakarta Selatan (12510)