MATARAM-Musyawarah Daerah III DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB telah berakhir pada Rabu (30/6). Badrun, terpilih menjadi Ketua DPD ASPPI NTB Periode 2021-2025. Owner Top Tour tersebut terpilih dalam Musda yang berlansung seru dan demokratis. Badrun unggul atas tiga kandidat lainnya.

Musda III DPD ASSPI NTB dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid. Hadir dalam Musda ketua DPP ASPPI Safor Mardianto, Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saeful Ahkam, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Utara Vidi Eka Kusuma. Hadir pula praktisi pariwisata Taufan Rahmadi, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi NTB Ari Garmono, dan para ketua asosiasi pariwisata di NTB serta seluruh anggota DPD ASPPI NTB.

Ketua Panitia Pelaksana Musda III DPD ASPPI NTB, Saepul Ashari mengatakan, Musda kali ini mengangkat tema “Semangat Kolaboratif, Inovatif, dan Adaptif untuk Pariwisata NTB Gemilang”. Tema ini kata dia, sejalan dengan program menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk memperkuat kolaborasi antar pentahelix dan komunitas sebagai langkah strategis membangkitkan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pandemi memaksa kita untuk terus berkreasi dan berinovasi. Harapan kita semua pada akhirnya nanti kita mampu bertahan dan menjadi pemenang di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Saepul menjelaskan bahwa Musda merupakan agenda tertinggi dari sebuah ssosiasi, sehingga Musda adalah momentum yang sangat tepat dalam upaya menggairahkan, menghidupkan, dan juga membawa organisasi ke arah perubahan yang lebih baik.

“Tentu, momentum Musda kali ini juga kami harapkan mampu menggairahkan dan menghidupkan pariwisata NTB lebih baik,” lanjutnya.

Rangkaian acara Musda yang berlangsung tertib dengan protokol kesehatan ketat ini, dimulai dengan sambutan dan laporan ketua panitia. Kemudian sambutan ketua DPP ASPPI, lalu dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Barat. Setelah coffee break, agenda dilanjutkan dengan penyampaian laporan dan pertanggungjawaban DPD ASPPI NTB periode 2017-2021 Ahmad Ziadi yang sekaligus demisionernya ketua dan pengurus DPD ASPPI NTB 2016-2021. Selanjutnya sidang pleno dan seleksi calon ketua.

Musda yang dihadiri lebih dari 40 anggota DPD ASPPI NTB ini semakin seru saat memasuki sesi pemaparan visi misi. Ada empat kandidat yang mencalonkan diri menakhodai ASSPI NTB periode mendatang. Mereka adalah Leja Kodi dari Leko Holiday dan Badrun (Top Tour). Keduanya aktif pada pengurus periode sebelumnya. Kemudian Ahmad Ziadi (Logo Holiday) yang merupakan petahana, serta Agus Haryanto (Qline Expriental Learning).

Pemungutan suara kemudian berakhir dengan angka kemenangan telak yang diperoleh oleh Badrun dengan 27 suara, Agus Haryanto 2 suara, Leja Kodi 8 suara, dan Ahmad Ziadi 11 suara.

Ketua DPP ASPPI Safor Mardianto dalam sambutannya menyatakan bahwa Pariwisata adalah masa depan Ekonomi Indonesia yang efeknya langsung dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum. Kondisi kepariwisataan yang terpuruk akibat Covid-19 membuat tantangan kepariwisataan ke depan akan semakin berat khususnya bagi Biro Perjalanan Wisata. Pihaknya berharap DPD ASPPI NTB tetap menjaga soliditas di tengah ujian Covid-19 yang begitu berat.

Safor juga menyampaikan tema yang diangkat pada Musda III DPD ASPPI NTB kali ini sangat cocok dengan dinamika yang dihadapi oleh semua pelaku bisnis wisata tak kecuali di Lombok Sumbawa.

Ditegaskannya, protokol Covid-19 dengan program pariwisata adalah dua hal yang bertolak belakang. Pariwisata menggerakkan manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lain, dari destinasi satu ke destinasi yang lain, sedangkan protokol kesehatan fokusnya adalah membatasi ruang gerak manusia itu sendiri.

“Oleh karenanya perlu adanya inovasi dan ide cemerlang dalam menyiasati hal tersebut agar keduanya bisa berjalan, berdampingan, dan tidak melanggar ketentuan pemerintah,” sambungnya.

Badrun sebagai ketua DPD ASPPI NTB terpilih berharap agar DPD ASPPI NTB di era kepemimpinannya bisa berkiprah, berkarya, dan berkontribusi lebih nyata di masyarakat secara langsung.

“Saya optimis ke depannya DPD ASPPI NTB bisa berkontribusi lebih nyata terhadap kemajuan kepariwisataan NTB dan juga Indonesia,” katanya seraya berdoa dirinya bisa amanah dan mampu melaksanakan tugas dengan baik sehingga anggota merasa dilindungi dan menjadikan DPD ASPPI NTB sebagai organisasi yang lebih maju.

ASPPI sendiri adalah perkumpulan atau organisasi yang didirikan sebagai wadah berkumpulnya para pengusaha pariwisata. Di antaranya adalah travel agent, hotel, restaurant, transport, pusat jajanan/oleh-oleh dan lainnya yang berkecimpung di dunia pariwisata. Hingga saat ini tercatat memiliki 2.000 anggota aktif dengan 22 DPD seluruh Indonesia. (kus/r6/ADV)

+ posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik disini unt chat
1
Hallo.! Ada yang bisa kami bantu?
Halo ASPPI menyapa
Halo.! Selamat datang di website ASPPI
Apakah ada yang bisa kami bantu.?