*Perluas Pasar Wisata Internasional, ASPPI Kirim Delegasi ke Majestic Johor Festival*

*Johor-Malaysia* – Pasca pandemi industri pariwisata Indonesia terus mengeliat. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengenalkan secara luas pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Mulai menjalin kerjasama bisnis antar negara antara pelaku pariwisata nasional dengan luar negeri, hingga menghadiri event pameran pariwisata berskala regional dan internasional.

Salah satunya yang dilakukan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI). Delegasi organisasi besar penggiat pariwisata nasional yang diketuai Agus Pahlevi, bertolak ke negara jiran Malaysia. Tim delegasi terdiri dari Agus Pahlevi dan Ade Erda (DPP ASPPI), Eko (ASPPI DPD Banten), Chevy (ASPPI DPD Jawa Barat), menghadiri langsung Majestic Johor Festival (MJF) 2022 yang digelar di Puteri Harbour, Iskandar Putri, Malaysia.

Sekedar diketahui Majestic Johor Festival merupakan salah satu event bergengsi yang digelar Tourism Johor. Pameran perdana mengusung genre pariwisata dan kebudayaan sendiri juga melibatkan pelaku pariwisata dan seluruh jawatan di bawah kewenangan negara Johor, Malaysia. Event internasional juga diikuti berbagai negara termasuk Indonesia. Majestic Johor Festival sendiri dibuka sejak tanggal 8 September hingga 18 September 2022.

“Keikutsertaan ASPPI sendiri sebagai salah satu upaya memperluas pasar wisata Indonesia ke internasional. Ini juga bagian penting implementasi penguatan kerjasama antara delegasi ASPPI dengan Johor Tourism, selain mempromosikan potensi-potensi pariwisata Indonesia,” terang Agus Pahlevi, kepada wartawan, di sela-sela kegiatan Majestic Johor Festival, Malaysia.

Agus pun menilai kegiatan ini terbilang bagus bagi Indonesia khususnya pelaku industri pariwisata. Karena ada banyak hal yang bisa diambil dan dimaknai melalui kegiatan bertajuk Majestic Johor Festival. Mulai segi penyelenggaraan, penyambutan tamu atau buyer maupun delegasi pariwisata, hingga bagaimana memperkenalkan pariwisata dengan baik dan profesional, tanpa meninggalkan kearifan-kearifan lokal setempat.

“Harapannya ini bisa menjadi inspiring bagi pelaku industri pariwisata di tanah air, khususnya ASPPI. Ini yang harus kita manfaatkan sebagai sebuah peluang baik, termasuk dalam memperkuat penetrasi pasar negara jiran, seperti Johor Bahru.Tentunya juga sangat baik bagi kita bertukar informasi bisnis pariwisata yang saling menguntungkan antara dua negara,” kata Agus Pahlevi, yang terkesan dengan penyelenggaraan Majestic Johor Festival.

Bagi delegasi pariwisata seperti Indonesia, ini juga membuka peluang pasar pariwisata yang semakin dinamis. Karena ada banyak hal yang bisa diperluas terkait jaringan bisnis pariwisata yang semakin baik, seiring membaiknya kondisi pariwisata nasional, regional dan internasional pasca pandemi covid-19.

“Kita membangun kekompakan dan kerjasama yang nantinya membawa perubahan-perubaban baik bagi pariwisata Indonesia. Di kegiatan ini juga ada, edukasi warga jiran tentang potensi-potensi pariwisata Indonesia, termasuk destinasi-destinasi wisata super unggulan. Pastikan mereka well knowledge tentang Indonesia dengan semua destinasi, termasuk destinasi terbaru yang kita miliki. Harapan kita ke depan semakin mendorong lagi warga Malaysia khususnya Johor Baru berkunjung ke Indonesia,” ucap Ade Erda, salah satu pengurus DPP ASPPI.

Majestic Johor Festival sendiri menjadi salah satu event Pariwisata terbesar yang dilaksanakan oleh Tourism Johor di tahun 2022. Selain delegasi Travel Agent Indonesia dari Jakarta yang melibatkan ASPPI, kegiatan ini juga dihadiri pengurus KPWM (Komunitas Pencinta Wisata Muslim) dengan Ketua Umumnya, Sahlan dan Endang.Sedangkan PPHI (Persatuan Pariwisata Halal Indonesia) menghadirkan Wakil Ketua Umum Ibu Ninik Irawan dan Tim, serta Perwakilan Dari Kepri Oleh ASPABRI.

Turut Hadir dalam bisnis Meeting Ketua Tourism Johor Bpk H. Suhairi, Ketua MAH (Malaysian Asociation Hotel) Bpk Evan, Konsulat Jendaral indonesia Johor Bahru Bidang Ekonomi Sandy A. Kaatuk, delegasi dari Philipina, Thailand dan Singapura, serta Direktur RS KPJ, RS Glen Eagle, RS Regency dan RS Columbia Asia.

Agenda kegiatan sendiri terdiri dari berbagai kegiatan, antara lain kunjungan Ke RS yang menjadi Mitra Tourism Johor, antara lain RS KPJ, RS COLUMBIA ASIA TEBRAU, RS REGENCY dan RS glen Eagle di Johor sebagai salah satu sektor unggulan dari MEdical Tourism.

“Tak hanya itu semua delegasi yang ikut Famtrip juga di kenalkan ke beberapa Destinasi Pilihan antara lain LEGOLAND, DESARU COST, PUSAT PENTAKBIRAN SULTAN ISMAIL.Termasuk juga mengunjungi stan2 Booth yang menjadi bagian dari Hajatan Besar Pertama di Daerah Iskandar Putri,” tambah Ade Erda yang sempat mengirimkan foto-foto kegiatan kepada sejumlah awak media di Jakarta.

Agenda Hiburan di tutup oleh street Parade dari berbagai kesenian dari negeri Johor, yang di hadiri Oleh Walikota Johor dan Tamu Undangan. Peserta Famtrip berkesempatan menjadi tamu special dalam acara arak- arakan tersebut.

Majestic Johor Festival 2022 adalah event yang.pertama kali di Taja oleh Tourism Johor, meski ada kekurangan disana sini tetapi keseriusan pelaksanaan ini menjadi kunci Sukses dari event besar Pasca era Pandemic Covid 19.

Harapan besar dengan kegiatan ini dapat lebih memantapkan hubungan dan kerja sama di bidang Pariwisata antara Johor dan Indonesia, Konsep Menang sama Menang (Win win Solution) diantara kedua Negara menjadi satu satu bagian Promosi Bersama. (Tim Humas DPP ASPPI).

+ posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik disini unt chat
1
Hallo.! Ada yang bisa kami bantu?
Halo ASPPI menyapa
Halo.! Selamat datang di website ASPPI
Apakah ada yang bisa kami bantu.?