Sejumlah 400 sellers dan Buyers meramaikan West Java Tourism Exchange 2023

Jawa Barat tetap menjadi salah satu primadona pariwisataI ndonesia. Hampir setiap daerah di Pasundan ini memiliki pesona tersendiri untuk pariwisatanya. Salah satunya adalah Cirebon yang dikenal sebagai kota Wali dan Kota Udang. Kota di pesisir utara Jawa (dikenal dengan Jalur Pantura) menghubungkan Jakarta-Semarang dan Surabaya terkenal dengan destinasi wisata seperti Keraton Kesepuhan, Wisata Goa Sunyaragi, Tebing Batu Lawang,hingga wisata yang membikin sejuk mulai Situ Cicerem sampai dengan wisata Telaga Remis, sebagai alas kaki Gunung Ciremai.

Eksotisme Cirebon pun mendapat tempat di hati ratusan peserta West Java Tourism Exchange (WJTE) 2023 yang digelar Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Cirebon Raya. Event yang digelar di Aston Hotel Cirebon ini dihadiri para pelaku pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Agus Pahlevi, menilai potensi Cirebon sangat terbuka menjadi menjadi Hub wisata di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Hal itu selaras dengan dibukanya penerbangan internasional. Hal ini membuka lebar kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara karena akses yang terbuka langsung, yang bisa mendorong percepatan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

“Harapanya dengan dibukanya penerbangan Internasional ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara di Cirebon khususnya, Jawa Barat pada umumnya,” katanya.

Agus menambahkan keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, hendaknya harus dimanfaatkan sebaik-baik. Karena juga sebagai peluang dalam meningkatkan perekonomian khususnya sektor pariwisata.

“Dan melalui kegiatan West Java Tourism Exchange (WJTE) 2023, membuka peluang juga menjadikan Hub wisata di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Tentunya peran serta kita disini mendorong percepatan ke arah itu melalui berbagai event salah satunya di WJTE 2023 ini,”tambahnya.

Lebih jauh Agus Pahlevi mengungkapkan WJTE salah satu kegiatan ASPPI. Hampir di setiap provinsi terutama yang sudah ada berdirinya ASPPI, memiliki kegiatan-kegiatan serupa yang kontinu.Event-event tersebut adalah bentuk komitmen ASPPI terhadap pemerintah daerah terutama memperkenalkan dan mempromosikan daya tarik di daerah-daerah, salah satunya di kota Cirebon.

“Format kegiatan ini lebih menekankan memang B2B sellers bertemu dengan buyer. Ada alasannya karena lebih efesien, karena buyer ini adalah calon penjual kepada networking mereka masing-masing yang diharapkan mereka mengajak costumer mereka ke Cirebon ini,” sebut Agus.

Karena itu puka menurut Agus dalam mendukung percepatan pemulihan industri pariwisata dan mendorong pula pengembangan pariwisata yang berkelanjutan, maka dibutuhkan kolaborasi. Karena kolaborasi sangat penting untuk menuju pariwisata Indonesia yang semakin baik, profesional dan berkemajuan.

“West Java Tourism Exchange (WJTE) 2023 merupakan bentuk kolaborasi antara pelaku industri pariwisata dengan Pemerintah daerah. Pengembangan pariwisata itu ada 3K, yaitu komitmen, kolaborasi, dan kreativitas. Pariwisata itu pentahelix nya adalah pemerintah, pembisnis, komunitas, media, dan akademisi,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana WJTE 2023, Tri Noviyanti menjelaskan, kegiatan WJTE 2023 sendiri mendapat respon dan antusias luar biasa dari para pelaku pariwisata di Indonesia dan negara sahabat lainnya. Meskipun hanya berupa sistem B2B, namun sangat berkesan bagi Seller maupun Buyer.

“Event ini, bertujuan membangkitkan sektor pariwisata, khususnya di wilayah Cirebon Raya dan sekitarnya, umumnya untuk meningkatkan secara nasional. Apalagi, buyer yang datang ke event ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.Alhamdulillah ada 80 seller, baik itu dari wilayah Cirebon maupun dari luar Cirebon dan ada juga dari Malaysia. Sedangkan untuk buyer dihadiri 160 buyer dari berbagai daerah seperti Bali, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, DKI, dan daerah lainnya,”ujarnya.(Tim Humas ASPPI).

+ posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik disini unt chat
1
Hallo.! Ada yang bisa kami bantu?
Halo ASPPI menyapa
Halo.! Selamat datang di website ASPPI
Apakah ada yang bisa kami bantu.?